Wednesday, February 2, 2011

BANGSA GAYO DAN BATAK, SIAPA DAN DARI MANA? SIAPA PENDUDUK ASLI SUMATERA TERTUA?

PROF.DR. BUNGARAN ANTONIUS SIMANJUNTAK
PASCA SARJANA ANTROPOLOGI SOSIAL UNIMED

APAKAH BANGSA GAYO DAN BATAK BERASAL DARI TEMPAT YANG SAMA DI ASIA?
DUNGAAN SELAMA PENJAJAHAN BELANDA BAHWA BANGSA GAYO BERASAL DARI BANGSA BATAK
SEHINGGA DISIMPULKAN BAHWA BATAK, GAYO DAN ALAS ADALAH DARI RUMPUN YANG SAMA YAITU BANGSA BATAK.
KESIMPULAN DEMIKIAN DIBUAT OLEH BELANDA KARENA BANYAKNYA PERSAMAAN BUDAYA DAN GENEALOGIS ANTARA BATAK, GAYO DAN ALAS.
KALAU DEMIKIAN PERTANYAAN KITA APAKAH ASAL-USUL GAYO DAN BATAK ADALAH SAMA YAITU DI ASIA, YAKNI DI MANSURIA DAN TERGOLONG RAS MONGOL(IA.)
DUGAAN PERJALANAN NENEK MOYANG GAYO, BATAK DAN ALAS
DIBAWAH INI AKAN DITAMPILKAN PERJALANAN NENEK MOYANG KETIGA SUKU ITU ATAU KETIGA BANGSA ITU DARI ASIA KE SUMATERA
DUGAAN INI DIAMBIL DARI TEORI ELIZABETH SEEGER DALAM BUKUNYA SEJARAH TIONGKOK SELAYANG PANDANG.
BERDASARKAN HASIL PENELITIAN ARCHEOLOG KETUT WIRANYANA DKK BAHWA JUSTRU BANGSA GAYO TELAH BERMUKIM DI SEKITAR DANAU LUT TAWAR ACEH TENGAH 7000-5000 TAHUN YL.
BERARTI SEBELUM DATANGNYA ORANG ARAB, CINA, EROPAH DAN HINDUSTAN KE WILAYAH UJUNG UTARA PULAU SUMATERA (ACEH)
DI DALAM BUKU EDMUND LEACH: RETHINGKING ANTROPOLOGY DISEBUTKAN PERIHAL BANGSA BATAK YANG DATANG DARI KACHIN. TETAPI DIA KURANG MENYEBUTKAN HUBUNGANNYA DENGAN BANGSA KAREN DI BURMA, DAN DANAU TOBA TARTAR YANG ADA DI TIBET. APALAGI DENGAN RAS MONGOL DI MANSURIA.
ELIZABETH SEEGER LEBIH DETAIL MENJELASKAN BANGSA YANG MELARIKAN DIRI DARI MANSURIA KE TIBET DAN DARI SANA KE ASIA SELATAN A.L KE BURMA DAN BANGSA KAREN KEMUNGKINAN BESAR ADALAH SAUDARA BANGSA KACHIN DAN ADALAH NENEK MOYANG ORANG BATAK
TEMUAN ARCHEOLOGI THN 2011-2012 DI TANAH GAYO, MENEMUKAN KERANGKA MANUSIA PURBA YANG DIPERKIRAKAN TELAH HIDUP DI GUA-GUA DANAU LUT TAWAR BERUSIA 7000-5000 TAHUN YANG LALU.
DENGAN DEMIKIAN MEREKA ADALAH MANUSIA PERTAMA BERMUKIM DI TANAH GAYO. ARTINYA MEREKA ADALAH INDIGENIOUS PEOPLE WILAYAH SUMATERA UTARA BAGIAN UTARA. DENGAN DEMIKIAN BANGSA GAYO ADALAH PENDUDUK ASLI WILAYAH ITU, TERUTAMA DI TANAH GAYO YANG SEKARANG. SEPERTI BANGSA SANGIRAN DAN TENGGER BANGSA ASLI DI JAWA, BANGSA ANAK DALAM BANGSA ASLI DI RIAU, BATAK DI SEKITAR DANAU TOBA, BANGSA MINGKAU DI RANAH MINANG
MENURUT PENELITIAN SDR KETUT WIRADNYANA MEREKA MEMELUK AGAMA ISLAM DIPERKIRAKAN ABAD KE 12 SETELAH
OLEH KARENA PENELITIAN YANG DILAKUKAN OLEH EDMUND LEACH DAN ELIZABETH SEEGER TIDAK ADA MENYINGGUNG NAMA GAYO DI DALAM TULISAN MEREKA, MAKA BESAR KEMUNGKINAN BAGSA GAYO ADALAH SATU DENGAN BANGSA BATAK. KARENA PERSAMAAN2 KULTURAL DIMILIKI KEDUA BANGSA ITU SEBAGAI BUKTI
NAMUN DENGAN DEMIKIAN MAKA ORANG BATAK DAN GAYO TELAH ADA DI WILAYAH DANAU LUT TAWAR SEJAK TAHUN 7000-5000 SM.
DENGAN DEMIKIAN ORANG BATAK TURUN DAN MENINGGALKAN ORANG GAYO KE DANAU TOBA
BUDAYA YANG DIANUT BANGSA ITU ADALAH BUDAYA HOABIN DAN DONGSON TERBUKTI DARI SISA2 MAKANAN DAN RANGKA MANUSIA PURBA YANG DITEMUKAN DI CERUK DI TEPI DANAU LUT TAWAR.
BANGSA GAYO DAN BATAK MEMANG BERSAUDARA, NAMUN KESIMPULAN INI PERLU PEMBUKTIAN PENELITIAN LEBIH MENDALAM, TIDAK HANYA TEORI YG DISAMPAIKAN OLEH PENULIS BELANDA DENGAN MELIHAT KESAMAAN2 BUDAYA, GENEALOGIS STRUKTUR SOSIAL DAN MARGA-MARGA. YANG MENURUT SAYA BERKAIATAN DENGAN KEPENTINGAN KOLONIALISME BELANDA.
SEJARAH BANGSA GAYO INI PERLU DIANGKAT SECARA NASIONAL, TIDAK HANYA PELENGKAPAN SEJARAH PROPINSI NAD SAJA
BERDASARKAN TEMUAN-TEMUAN ILMIAH YANG DITEMUKAN DUA TAHUN TERAKHIR, MAKA PERLU PENEMPATAN BANGSA GAYO SETARA DENGAN BANGSA-BANGSA LAIN DI INDONESIA

Ade Darmawan

jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger