Friday, February 11, 2011

Peninggalan Dinasti Umayyah (2)

Peninggalan Dinasti Umayyah (2)

Masjid Agung Umayyah di Damaskus, Suriah, merupakan salah satu peninggalan Dinasti Umayyah terus bertahan hingga kini.



Sementara itu, ekspansi ke barat secara besar-besaran dilakukan pada masa Khalifah Walid bin Abdul Malik (Al-Walid I).

Pada masa pemerintahannya yang berjalan kurang lebih sepuluh tahun itu, tercatat wilayah Tukharistan dengan ibukotanya Balkh, Bukhara, dan daerah sekitarnya, seperti Samarkand dan Khawarizm dapat dikuasai.

Ekspansi dilanjutkan ke provinsi di sekitar Sungai Jaxartes, khususnya Fergana (kota di Asia Tengah).

Wilayah lainnya yang berhasil ditaklukkan oleh pasukan Muslim adalah Tashkent (ibukota Uzbekistan), Makran (Baluchistan), lembah dan delta Sungai Indus, Sind, Punjab, hingga ke wilayah Andalusia (Spanyol) di Benua Eropa.

Dengan keberhasilan ekspansi ke beberapa daerah, baik di timur maupun barat, wilayah kekuasaan Islam masa Bani Umayyah ini betul-betul sangat luas.

Daerah-daerah itu meliputi Spanyol, Afrika Utara, Syria, Palestina, Jazirah Arabia, Irak, sebagian Asia Kecil, Persia, Afghanistan, daerah yang sekarang disebut Pakistan, Uzbekistan, serta Kirgistan di Asia Tengah.

Di samping ekspansi kekuasaan Islam, Bani Umayyah juga banyak berjasa dalam pembangunan di berbagai bidang.

Muawiyah mendirikan dinas pos di tempat-tempat tertentu dengan menyediakan kuda yang lengkap dengan peralatannya di sepanjang jalan. Dia juga berusaha menertibkan angkatan bersenjata dan mencetak mata uang.


Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Nidia Zuraya
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger