Tuesday, February 22, 2011

Wewe Gombel

Hantu wewe gombel adalah sesosok hantu perempuan dengan payudara yang sangat besar dan panjang.Cerita bagaimana dan awal mula wewe gombel tidak diketahui dengan jelas tapi dipercayai merupakan salah satu golongan dari bangsa jin.

Wewe gombel sangatlah menyukai anak kecil sehingga tak jarang di suatu kampung ada anak yang hilang secara mendadak dan ditenggarai diculik oleh wewe gombel.

Ketika wewe gombel akan menculik seorang anak maka dia akan berubah wujud menjadi seorang wanita yang sangat cantik sehingga anak tersebut tidak merasa takut padanya.Apabila anak tersebut berhasil terkena bujuk rayu wewe gombel maka dia akan langsung dibawa ke sarang dari wewe gombel tersebut.

 Dalam cerita yang berkembang di masyarakat sunda,sarang wewe gombel adalah di pohon kawung (aren) yang tinggi.Bila anak yang diculik tadi telah sampai di sarang wewe gombel maka dia akan disuruh untuk menyusu atau menetek ke wewe gombel yang menyamar menjadi wanita cantik tersebut dan jika dia menurut untuk menyusu kepada wewe gombel maka selamanya dia akan bersama wewe gombel karena telah diangkat menjadi anak.


 Selain itu,menurut beberapa kepercayaan.Apabila anda telah diangkat menjadi anak oleh wewe gombel tersebut maka anda akan diberi makanan kotoran manusia tapi tentu saja kelihatan oleh anda nya bukan kotoran manusia alias seperti makanan biasa namun pada hakikatnya makanan tersebut adalah kotoran manusia.Itu karena mata anda telah ditipu oleh wewe gombel dan satu lagi selama anda tinggal bersama wewe gombel,anda tidak akan memakai pakaian.Sebagai gantinya,tubuh anda akan dilumuri oleh lumpur.

Akan tetapi bila di tempat anda ada anak hilang secara tiba-tiba,misalnya sedang bermain di depan rumah namun tiba-tiba menghilang padahal anda mengawasinya kemungkinan besar anak tersebut diculik wewe gombel.Tapi jangan takut,karena katanya wewe gombel sangat tidak suka mendengar bunyi-bunyian dari alat dapur,seperti nyiru,bakul,tampir dll.Bisa juga menggunakan kentongan.

Jadi segeralah cari anak tersebut ke tempat yang dicurigai sebagai sarang wewe gombel lalu bunyikan alat-alat tadi sembari memanggil nama anak yang hilang tadi.Bila beruntung maka anak tersebut akan ketemu,biasanya disembunyikan diatas pohon kawung (aren) jadi ketika mancarinya sering-seringlah melihat ke atas.

Dan jangan heran bila setelah ditemukan,anak tersebut akan menjadi seperti orang yang hilang ingatan alias linglung karena itu adalah ulah dari wewe gombel.

Meski zaman sudah berubah namun kisah hantu wewe gombel yang menculik anak-anak masih kerap terdengar di beberapa daerah.

jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger