Tuesday, May 7, 2013

Kekurangan Bahan, Polda Berlakukan STNK dan BPKB Sementara

SEMARANG, suaramerdeka.com - Gara gara blangko habis, wajib pajak kendaraan bermotor yang akan mengganti plat nomor atau membeli sepeda motor baru, tidak bisa langsung mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK.

Saat pelayanan normal, STNK biasanya terdiri dua lembar yakni blangko dari kepolisian dan dibaliknya merupakan blangko surat ketetapan dan tanda bukti pembayaran pajak dari Samsat Provinsi Jawa Tengah.

Sekarang ini yang habis adalah blangko STNK dari kepolisian, memuat data nomor polisi, nama pemilik, jenis, tahun pembuatan, nomor rangka, nomor mesin dan warna kendaraan. Petugas di kantor Samsat Rembang memberikan secarik kertas sebagai pengganti sementara, kemudian distempel agar wajib pajak datang kembali, untuk mengambil blangko STNK.

Seorang wajib pajak mengaku saat ganti plat nomor sepeda motor pada awal bulan Mei ini, menerima tulisan tertanggal 03 November 2013. Pada tanggal tersebut, ia akan mencoba menanyakan lagi ke kantor Samsat, seraya berharap blangko STNK sudah ada.

Hamed, warga Sampangan, pagi ini (8/5) mengatakan kondisi tersebut sempat memunculkan tanda tanya masyarakat, terutama bagi pembeli sepeda motor baru. Bahkan ada pula yang takut kalau terjaring operasi polisi di luar Rembang. Menurutnya kepolisian harus segera mengirim blangko STNK ke daerah, supaya tidak membingungkan dan bolak balik ke kantor Samsat.

Karena kekurangan bahan material pembuatan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (BPKB), Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng memberlakukan surat keterangan STNK dan BPKB sementara. Secara fungsi surat sementara tersebut, sama seperti yang asli.

Hal ini juga berlaku di direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya, "Untuk mengatasi kekurangan materiil BPKB yang diperkirakan akan habis pertengahan Bulan April 2013, sebagai Pengganti akan diterbitkan surat keterangan sementara yang berlaku maksimal enam bulan sejak diterbitkan," begitu dilansir dalam situs resmi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, dirilis Facebook Divisi Humas Mabes Polri, Selasa (7/5) kemarin.

Sejak April lalu, Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng memberlakukan surat keterangan pengganti sementara. Hal ini seusai dengan Surat Telegram Kapolri No: STR /72/II/2013 Tanggal 14 Pebruari 2013.

( Rifki / CN26 / JBSM )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/05/08/156060/Kekurangan-Bahan-Polda-Berlakukan-STNK-dan-BPKB-Sementara
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger