Friday, May 24, 2013

Penyelenggara Terikat Perkawinan, Panwas Rekomendasikan Diganti

SEMARANG, suaramerdeka.com - Di tengah mepetnya pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jateng, ditemukan adanya penyelenggara Pemilu yang diduga direkrut tidak sesuai prosedur, yakni terikat hubungan perkawinan.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Semarang menemukan sedikitnya empat pasangan suami istri yang menjadi anggota PPK, PPS maupun KPPS.

Mereka direkomendasikan ke KPU Kota Semarang agar diganti, karena melanggar Keputusan KPU Jateng nomor 22 tahun 2012 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Jateng nomor 16 tahun 2012 tentang perubahan Keputusan KPU Jateng nomor 4 tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Penyelenggara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng tahun 2013.

Ketua Panwaslu Kota Semarang Sri Wahyu Ananingsih membeberkan, ada sepasang suami istri menjadi penyelenggara Pemilu di Kecamatan Tugu, dan ada tiga pasang suami istri menjadi penyelenggara Pemilu di Kecamatan Pedurungan.

"Kami temukan ada empat pasangan suami istri menjadi penyelenggara Pemilu di Kota Semarang. Kami rekomendasikan agar salah satu dari pasangan itu diganti orang lain," tuturnya, Jumat (24/5).

Ia jelaskan, seorang anggota PPK Kecamatan Tugu bernama Muhibudin SpdI, adalah suami dari ketua PPS Kelurahan Mangkang Kulon bernama Iswatun Hasanah M Ag. Sementara di Pedurungan, lanjutnya, ketua dan anggota KPPS di TPS 36 Kelurahan Muktiharjo Kidul adalah suami istri bernama Djoko Hariyono dan Yuni Perwita Sari.

Berikutnya, anggota KPPS di TPS 19 Kelurahan Muhtiharjo Kidul bernama Dra Puryani, merupakan istri dari ketua PPS Kelurahan Muktiharjo Kidul Edi Widiyono. Selain itu, anggota KPPS di TPS 3 Kelurahan Gemah bernama Suwarti, ternyata istri dari anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Gemah bernama Drs Agung Bambang Irawan.

Adanya kasus yang menimpa Panwas bawahannya tersebut, Ana telah memerintahkan Panwascam Pedurungan agar meminta Puryani mengundurkan diri. Namun pihaknya tetap mengirim surat rekomendasi penggantian kepada KPU Kota Semarang agar Suwarti segera diganti orang lain.

"Kami telah merekomendasikan agar KPU segera mengganti orang-orang tersebut," tegasnya.

( Irsyam Faiz / CN37 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/05/25/158247/Penyelenggara-Terikat-Perkawinan-Panwas-Rekomendasikan-Diganti
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger