Sunday, July 21, 2013

Pejabat di Solo Dilarang Terima Parsel

SOLO, suaramerdeka.com - Pejabat di lingkungan Pemkot Surakarta dilarang menerima bingkisan Lebaran alias parsel, pada momen Idul Fitri tahun ini. Surat Edaran (SE) terkait larangan tersebut, akan segera disebar ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam waktu dekat.

Hal itu ditegaskan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. "Kebijakan ini sudah diterapkan setiap tahun," katanya, Minggu (21/7).

Dalam UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juga disebutkan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang menerima pemberian dalam arti luas, berupa uang, komisi, tiket perjalanan, biaya penginapan maupun parsel.

Menurut Wali Kota, instruksi larangan tersebut disampaikan untuk menghindari pejabat menerima gratifikasi. "Kami berharap masyarakat ikut mengawasi, agar tidak terjadi pelanggaran," tegasnya.

SE yang akan disebar, menurut Wali Kota, berisi larangan menerima dan memberi parsel, baik sesama pejabat, atau dari masyarakat ke pejabat. Jika ada yang masyarakat atau pejabat yang berniat memberi parsel, lebih baik diberikan kepada kaum dhuafa yang lebih membutuhkan.

"Kami tidak ingin, hal-hal seperti ini nantinya menjadi persoalan. Daripada jadi masalah, lebih baik diantisipasi. Kalau ada yang nekat memberi, kami akan minta dibawa pulang balik saja. Jika kepala dinas memberi ke anak buah, itu boleh. Tapi kalau anak buah ke atasan, itu tidak boleh," tandasnya.

Wali Kota menambahkan, penolakan gratifikasi tergantung moral masing-masing pejabat. Jika ada pejabat masih menerima gratifikasi, maka tentu akan terkena sanksi moral.

Ketua DPRD Surakarta YF Sukasno menegaskan, larangan menerima parsel ataupun gratifikasi lain, juga berlaku bagi semua anggota DPRD.

"Kami melarang pemberian parsel dari pejabat Pemkot ke anggota legislatif. Agar tidak menjadi persoalan di depan, kami meminta agar tidak ada pemberian dari pejabat dan tidak ada anggota DPRD yang menerima," imbuhnya.

( Irfan Salafudin / CN19 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/07/21/165374/Pejabat-di-Solo-Dilarang-Terima-Parsel
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger