Thursday, August 15, 2013

Lima Eksportir Tangguh Raih Penghargaan

image

SERAHKAN PENGHARGAAN: Kepala Disperindag Jateng Petrus Edison Ambarura saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan PT Djarum Kudus selaku juara kepeloporan eksportir tangguh di kantor Disperindag, Jl Pahlawan, Semarang, Kamis (15/8)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng memberikan penghargaan kepada lima eksportir tangguh yang memiliki keuletan dan berprestasi memajukan ekspor non migas di provinsi ini.

Penghargaan yang diberikan langsung Kepala Disperindag Jateng Petrus Edison Ambarura ini untuk memberikan motivasi kepada eksportir agar selalu berupaya meningkatkan volume dan nilai ekspor non migas. Adapun, pemberian penghargaan dilakukan di kantor Disperindag, Jl Pahlawan, Semarang, Kamis (15/8).

Kelima peraih penghargaan ini ialah PT Djarum Kudus (juara kepeloporan), Sasana Antik Rembang (juara I), PT Aneka Sandang Interbuana Surakarta (juara II), PT Pandanarum Kenanga Tekstil Kabupaten Pekalongan (juara III), dan PT Philips Seafood Indonesia Pemalang (juara harapan). Menurut Edison, pemenang ini berhasil menyisihkan 35 peserta lain yang diajukan Disperindag, asosiasi, atau mendaftar langsung ke panitia untuk mengikuti seleksi penghargaan eksportir tangguh.

Sebelumnya, ada 40 orang peserta seleksi penghargaan eksportir tangguh. Mereka ini selanjutnya disaring menjadi 25 orang dan akhirnya dipilih lima orang pemenang.

"Penghargaan yang sudah ketiga kalinya digelar ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemprov Jateng kepada eksportir berprestasi. Diharapkan nantinya muncul sosok eksportir tangguh yang dapat dijadikan teladan bagi eksportir lain," tandasnya.

Kriteria lomba ini peserta melakukan ekspor tiga tahun terakhir beruntun dengan tren meningkat setiap tahunnya.

Di sisi lain, eksportir juga harus memiliki kemampuan penetrasi pasar global, mampu menyerap tenaga kerja, dan mempunyai perizinan lengkap seperti SIUP, TDP, dan NPWP. Pemenang penghargaan menerima piala, piagam, dan uang pembinaan.

Dalam kesempatan sama, Disperindag juga memberikan penghargaan kepada tiga pemenang lomba Pasar Rakyat 2013 yaitu Pasar Nongko Surakarta (juara I), Pasar Bekonang Sukoharjo (juara II), dan Pasar Prembun Kebumen (juara III). Edison meminta kepala dinas bisa menjaga pasar tradisional agar tetap eksis di tengah masyarakat. Sebab, segmen pasar tradisional dan swalayan tentu berbeda.

( Royce Wijaya / CN39 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/08/16/168430/Lima-Eksportir-Tangguh-Raih-Penghargaan
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger